-->

Cara Membuat Booting OS Linux Backtrack 5 R3 Melalui USB

Bootable BackTrack 5 Melalui USB Flashdisk



Setelah sebelumnya saya share tentang cara install linux bactrack 5 R3 dengan cara normal maka kali ini saya akan share cara lain dalam menginstal linux, yang sering di kenal dengan istilah Bootable melalui USB.
Bootable yaitu membuat booting Sistem Operasi langsung melalui USB, jadi kita tidak perlu membuat partisi khusus di hardisk kita untuk os linux. kira-kira seperti itu penjelasannya :)
Persiapannya kita membutuhkan beberapa alat berikut ini :
  • USB (Flashdisk) minimal 4 GB (saya merekomendasikan 8 GB)
  • ISO file dari Backtrack (saya menggunakan Backtrack 5 R3 GNOME, silahkan download di Sini)
  • Software pembuat bootable USB (saya merekomendasikan Universal-USB-Installer dari pendrivelinux.com) download disini
  • PC atau komputer dengan sistem operasi terinstall adalah Windows
Baiklah setelah semuanya terpenuhi mari kita mulai untuk membuat bootable Backtrack.

1. Pertama, silahkan download ISO file backtrack dan Universal-USB-Installer.

2. Format USB (Flashdisc) Anda dengan partisi FAT32.


3. Jalankan Universal-USB-Installer.

4. Klik "I Agree" pada kotak dialog Universal-USB-Installer.



5. Pilih distro Linux yang kita inginkan, di sini saya memilih Backtrack 5R3, karena kita akan membuat bootable Backtrack.



6. Kemudian klik "Browse" lalu cari dimana Anda menyimpan ISO file Backtrack 5R3.

7. Setelah itu pilih drive dimana Flashdisk Anda terpasang, Flashdisk saya di drive (H:/).


8. Abaikan opsi yang lain lalu klik "Create", lalu akan tampil kotak dialog peringatan untuk memastikan bahwa drive yang telah kita pilih adalah bukan drive (C:/) alias dimana OS PC kita terinstall, klik saja "YES".


9. Akan tampil kotak dialog baru dengan proses uncompress ISO file Backtrack dengan 7z, mengingat ISO file Backtrack berukuran besar, maka proses ini akan memakan waktu yang lama, tunggu hingga proses selesai.


10. Saat proses uncompress sudah selesai, tunggu proses yang ada pada kotak dialog utama, ini hanya sebentar saja, setelah itu klik "Close" apabila sudah selesai semua proses.


11. Kini USB Anda telah siap dijadikan media bootable Backtrack.

Setelah ini Anda mungkin akan tertarik untuk mencoba bagaimana bootable ini bisa dijalankan dari USB. Anda tinggal mengubah pengaturan BIOS Anda untuk booting dari media USB, dan Backtrack siap dijalankan. Anda akan lebih tertarik lagi untuk menginstalasikan Backtrack di PC Anda berjejer dengan OS lama Anda Windows atau menginstalasikan secara penuh, maka Anda juga harus belajar mengenal partisi dan cara membuatnya untuk menginstalasikan Backtrack. Bisa Lihat disini http://latihan-it.blogspot.com/2013/08/cara-instal-linux-back-track-5-r3.html Sehingga Anda benar-benar paham.

Semoga bermamfaat... :)