-->

CARA INSTAL WINDOWS 10 DI LAPTOP ACER ASPIRE E1-410 Sukses 100%

Aneh Bin Ajaib... saya sampe 2 Hari 3 Malam nginstal windows 10 di laptop Acer Aspire e1-410 ini. ceritanya gini pada malam jum'at nie laptop di antar sama yang punya, katanya minta instal Windows 10, kemudian saya cek kondisinya baik-baik saja,
Merk : Acer
Type  : Aspire E1-410
OSnya : Windows 7 Ultimate
Versi Bios : 2.05
Tipe Hardisk : MBR
Langkah-langkah yang saya ambil :
1. Langkah Pertama Upgrade dengan Media Creation Tool (Gagal)


Karena ini baru pertama instal laptop type ini saya pikir nginstalnya seperti laptop biasanya,, tapi sebelum di instal saya coba cek di windows properties dan OS yang sekarang terlihat seperti Ori, jadi saya punya inisiatif buat Upgrade saja ke windows 10 mumpung masih bisa upgrade gratis dari win 7 ke win 10. ok langsung saja saya salin media creation tool (tool untuk upgrade ke windows 10) ke laptop ini dan langsung saya buka, saya ikuti step by step. hingga proses upgrade pun berjalan normal, proses ini menghabiskan kira-kira 3,5 GB paket data saya, Masuk ke proses terakhir, yaitu proses  pemeriksaan windows.. nah disini muncul kendalanya, ternyata windows terdeteksi palsu, dan tidak bisa dilanjutkan

2. Langkah Kedua Instal dengan USB Boot Windows 10 64 bit (Gagal)
karena proses pertama gagal saya coba instal menggunakan usb boot, langsung saya restart laptop lalu saat proses booting saya tekan tombol f2 sehingga masuk ke pengaturan bootingnnya, kebetulan type legacy sudah bisa dipakai, jadi saya langsung urutkan usb ke urutan paling atas, dan tekan f10 dilanjutkan enter begitu muncul pesan "press any key to boot from usb" langsung saya tekan tombol apa saja, hehehehe.. Nah  disini muncul kendala yang sangat membingungkan, Keyboard dan touchpad tidak berfungsi sama sekali saat pemilihan bahasa, regional//date/time dan type keyboardnya.
saya coba gunakan keyboard dan mouse external tetap tidak mau.
saya coba utak atik pengaturan bios tetap tidak bisa, kalau type di ganti ke UEFI justru tidak satupun boot yang terdeteksi sama laptop ini.

3. Langkah ketiga Buat USB Boot dengan rufus pilih tipe GPT for UEFI (Gagal)
saya coba cari di internet, dan ikuti salah satu petunjuk disana yaitu buat boot dengan rufus pilih type GPT for UEFI kalau gak salah seperti itu tulisannya.
dan begitu dicoba Alhamdulillah keyboar dan mouse bisa di pake tapi kendalanya setelah saya hapus partisi C muncul pesan "Cannot Instal to this Partition because this disk MBR, This Windows Only for GPT Disk" kira-kira pesannya begitu. Onde Mande.. sistem yang lama terhapus sistem yang baru gak masuk...

4. Langkah Ke Empat Instal di Kompi yang biosnya tipe UEFI (Gagal)
saya coba bongk ar hardisk laptop dan instal di koputer yang kebetulan biosnya juga UEFI, instal di koputer berhasil dengan mulus tetapi begitu dimasukkan kembali ke laptop muncul pesan repair windows, kemudian restart sendiri, setelah hidup disuruh pilih layout keyboard, tapi kembali mouse dan keyboardnya tidak berfungsi.

5. Langkah kelima Update Bios kebios Terbaru (2.10) (Berhasil 100%)
pada hari sabtu saya coba untuk download bios terbaru laptop ini, jujur saja saaya belum pernah melakukan Update Bios. setelah download ternyata biosnya tersebut harus diinstal lewat windows, cara coba colokin USB Boot Hiren dan pilih mini windows XP dan....Jduaaaaar,, tiba-tiba blue screen..
akhirnya dengan terpaksa saya instal kembali windows 7 64 seperti sistem semula, setelah instal windows langsung saya exekusi update bios yang didownload tadi..
setelah update bios sukses (restart lalu muncul proses update bios)
saya coba Instal Lagi Windows 10 64 Bit dengan USB Boot  yang saya buat dengan rufus, tipa MBR for Bios or UEFI ..
dan Sukses tanpa Kendala..

Jadi kesimpulannya adalah untuk Instal Windows 10 di Laptop Acer Aspire E1-410 harus update bios terlebih dahulu.
dan hardisk yang saya gunakan ini kebetulan sudah berformat MBR, Jika Masih GPT silahkan dicoba dahulu jika Gagal Conversikan ke MBR.
Semoga bermamfaat