-->

Cara Edit File *.DZ/*.emis yang di download di PDUN/Verpal UN 2017

Setelah sekian lama tidak update artikel karena tidak punya ide dan waktu yang tidak sesuai, kali ini admin yang kebetulan berprofesi sebagai operator sekolah mau berbagi pengalaman tentang cara edit file *.dz bagi operator yang menggunakan dapodik atau file *.emis bagi operator yang menggunakan aplikasi emis.
seperti kita ketahui bersama bahwa pada tahun 2017 ini Biodata UN / BioUN offline tidak lagi memiliki peran yang seperti tahun sebelumnya karena file Output dari BioUN ofline dengan format *.dbf tidak lagi bisa di upload ke BioUN Online, yang bisa di upload adalah file yang berformat *.dz dan *.emis dimana file tersebut hasil download langsung dari pdun.data.kemdikbud.go.id bagi yang menggunakan dapodik dan http://emispendis.kemenag.go.id/vervalun/ bagi yang menggunakan dapodik.
Oke mungkin itu saja penjelasan singkatnya yang saya yakin teman-teman operator yang nyasar ke blog Latihan-IT tentu lebih paham daripada admin, karena admin baru tahun ini menjadi operator sekolah.
Disaat mengupload data *.emis ke BioUN SMA MA yang beralamat http://biounsmama.kemdikbud.go.id/ terjadi error yaitu No peserta Lama tidak dikenali atau Nomor Peserta Ujian ditingkat SMP/MTs tidak dapat diterima oleh sistem. setelah admin cek ternyata siswa yang nomor peserta un bermasalah adalah siswa lulusan Paket B pada jenjang sebelumnya, dimana No Peserta Reguler dengan No Peserta Paket itu berbeda, dimana No Peserta Paket di Awali dengan huruf "B" sedangkan No Peserta Reguler di awali dengan Angka "2". karena kemungkinan di sistem Format No Peserta UN Angka (variabel : integer/real/dll) sehingga sistem tidak bisa menerima Huruf.
Setelah pusing kesana kemari, bertanya sana/sini akhirnya Admin mendapat jawaban bahwa file *.dz/*.emis tersebut bisa dibuka dengan Notepad dan untuk lebih mempermudah pengeditan admin menggunakan "Notepad ++"   karena pada "notepad ++" siswa akan dibagi perbaris adapun carannya adalah sebagai berikut :


  1. Buka Notepad ++ jika belum ada silahkan download di https://notepad-plus-plus.org/download/v7.3.1.html 
    Tampilan Notepad ++
  2. Setelah terbuka klik file => open dan pilih dimana file *.emis/*.dz berada.
  3. Setelah terbuka tampilannya akan seperti gambar pada nomor 1 diatas
  4.  Edit File tersebut sesuai kebutuhan, dimana admin melakukan editing no peserta pada siswa yang bernama "Bayu" jadi untuk mempermudah bisa dengan menggunakan fasilitas pencarian "Ctrl" + "F"
  5. setelah ketemu admin ganti Huruf "B" Menjadi "2" pada kode peserta un smp di baris bayu
  6. Save dan cobalah upload kembali ke BioUN Online
  7. Jangan lupa Edit kembali data No Peserta UN ke No yang sebenarnya...
Sesuai permintaan bapak mustahal ini saya posting cara edit data dengan inspect element