-->

Cara Melakukan Siaran Langsung di Youtube (PC dan Android)



Live streaming untuk jaman sekarang ini sudah bukan hal yang mustahil lagi dilakukan, dari mulai streaming lewat facebook, instagram, bahkan banyak juga aplikasi pihak ketiga yang memberikan layanan streaming secara gratis lewat android.
Pada kesempatan kali ini ngevlog.net akan menjelaskan secara detail dan lengkap tentang cara melakukan live streaming di youtube dengan menggunakan hp android dan juga PC.
Jadi setelah kamu membaca artikel ini sampai tuntas, maka dijamin untuk kedepannya kamu tidak akan pernah bingung lagi untuk melakukan live streaming atau siaran langsung di youtube, entah itu dengan media android ataupun live streaming menggunakan PC.


Penting !!

  • Sebelum kita memulai tutorial ini, ada 3 syarat utama yang harus kalian penuhi, Pertama yaitu chanel youtube kalian sudah diverifikasi dengan menggunakan No Hp, jika channel kalian belum di verifikasi maka kalian tidak akan bisa melakukan live streaming di youtube. Bagi yang belum mengerti caranya silahkan simak di artikel sebelumnya “cara verifikasi channel youtube
  • Yang kedua adalah kalian harus mengaktifkan fitur Live Stream seperti gambar dibawahini :
  • Dan yang ke tiga channel kalian harus mempunyai minimal 100 subscriber, syarat yang ke tiga ini berlaku jika kalian ingin live steraming lewat android, jika menggnakan PC maka tidak perlu harus mempunyai 100 subscriber, yang penting syarat yang pertama dan ke dua telah dipenuhi.
Baiklah,  jika channel kalian sudah diverifikasi, dan channelnya sudah mendapatkan 100 subscriber , untuk pembahasan pertama, kita akan membahas tentang bagaimana cara melakukan live streaming youtube lewat android.

Cara Melakukan Live Streaming Lewat Android

Live streaming lewat android merupakan yang paling mudah dilakukan, untuk yang sudah mengerti ya. tapi banyak juga ternyata yang belum paham tentang langkah-langkah memulai siaran langsung lewat android. Nah untuk itu dibawah ini merupakan langkah-langkah untuk memulai live di youtube.
  1. Silahkan kalian buka dahulu aplikasi youtube lalu login dengan mengklik icon yang diberi tanda panah dalam gambar No.1 diatas (jika kalain sudah login, kalian boleh lewatkan point 1 ini dan lanjut ke point ke 2) Selanjutnya setelah mengklik icon maka akan muncul seperti tampilan gambar No.2 lalu klik Sign In kemudian lanjut ke gambar No.3 langsung pilih channel kalian.
  2. Setelah Proses login beres, lanjut ke gambar No.4, silahkan klik icon kamera seperti yang ditunjuk dalam gambar No.4 maka akan terbuka tampilan seperti dalam gambar No.5. Klik Go Live dan akan muncul tampilan seperti gambar No.6. Isi Judu kemudian langsung Next.
  3. Sampai disini kalian sudah bisa melakukan live streaming di youtube.
Permasalahan yang kadang sering terjadi adalah, ketika kalian mengikuti tutorial diatas, terkadang menu Go Live seperti pada gambar No.5 tidak muncul, yang ada hanya sebuah pilihan Record saja.
Untuk mengatasi hal ini, maka kalian harus memenuhi dahulu syarat utama yang sudah dijelaskan di awal artikel tadi, jika syarat terlah terpenuhi maka pasti kalian bisa live streaming di youtube lewat android.
Done !! tidak akan ada lagi yang bingung kenapa gak bisa live streaming di android !!

Cara Melakukan Live Streaming Lewat Komputer

Untuk melakukan live streaming di komputer ini mungkin agak sedikit ribet ya bagi kalian yang baru pertama kali, namun jika sudah terbiasa, semua settingnya akan sangat mudah kok. Mau streaming tutorial atau streaming gaming pun sangat mudah.
Di pembahasan selanjutnya ini, kita akan membahas tentang cara live streaming via komputer dengan menggunakan 2 software yang berbeda, yang pertama kita akan membahas cara live dengan menggunakan software OBS dan yang kedua membahas tentang cara live menggunakan software xSplit Broadcaster.

Cara Live Streaming Dengan OBS

OBS adalah software gratis dan opensource untuk merekam aktifias monitor dan dapat melakukan live streaming secara mudah. Software ini tidak kaku hanya merekam semua aktifitas monitor kamu, tetapi kamu dapat mengatur windows mana yang ingin kamu rekam, misalnya kamu ingin merekam sebuah permainan game saja atau mau langsung merekam webcam seperti yang biasa youtuber gaming lakukan.
Berikut langsung saja kita mulai langkah-langkahnya :
  • Pertama kalian download dahulu softwarenya, silahkan download Disini (file yang didownload sekitar 90Mb)
  • Setelah beres download kalian install pada komputer atau laptop kalian.
  • Sekarang beralih ke youtube, silahkan buka browser yang biasa kalian pakai, lalu kunjungi situs youtube.com lalu login dan masuk ke menu streaming yang ada pada dasboard channel kalian. (cek gambar yang diberi kotak dengan angka 1)

Info gambar : 1. Menu streaming 2. kotak live chat untuk menampilkan chat dari viewer 3. kolom untuk mengisi judul, deskripsi dan kategori video live 4. statistik jumlah penonton 5. kode untuk menyambungkan ke software broadcast

  • Setelah menu streaming terbuka seperti gambar diatas, kolom No 3 lengkapi dengan judul, deskripsi, dan thumbnail video livenya. untuk TAB stream option, monetization dan card biarkan default seadanya saja.
  • Selanjutnya kamu copy Server URL dan Stream Name/key yang ada pada kotak No 5. (klik Reveal untuk melihat key nya)
  • Buka software OBS yang sudah terinstall tadi dan masuk ke File lalu Setting, seperti gambar dibawah ini.
  • Setelah masuk ke menu setting maka akan muncul sepeti gambar dibawah ini, selanjutnya silahkan masuk ke menu Stream – Stream Type : custom streaming server – URL dan Key : isikan dengan kode yang telah kamu copy tadi dari halaman stream youtube
  • Setelah terisi semua seperti gambar diatas, berarti sampai langkah ini kalian sudah berhasil menghubungkan software obs ke channel live kalian.
Sekarang waktunya menyeting tampilan video yang akan kalian tayangkan secara live :
Pada gambar diatas ada 3 kolom diantaranya :
Kolom source dimana tempat ini berguna untuk memilih mode apa saja yang akan ditayang kan secara live.
  • Video capture Device : berguna untuk menampilkan kamera dan tapilan webcam.
  • Display Capture : untuk menangkap layar komputer
  • Media Source : untuk streaming video yang sudah ada, memutar video clip atau film bisa kamu lakukan dengan menambahkan media
  • Selebihnya silahkan kalian coba sendiri, dari 2 mode itu saja rasanya sudah cukup untuk streaming live gaming ataupun membuat tutorial.
Kolom Mixer berguna sebagai tempat mengatur volume audio yang dikeluarkan dari masing-masing perangkat.
Kolom Controls berisi pilihan untuk memulai streaming, memulai merekam untuk disimpan di laptop dan melakukan beberapa setting pada software OBS
Berikut contoh yang sudah dicoba dan berhasil, silahkan perhatikan gambar dibawah ini :
Di gambar tersebut kolom merah sebelah kiri menunjukan jika live streaming tengah berlangsung, di kolom sebelah kanan menunjukan 2 source untuk menampilkan webcam dan screen capture dan juga pengaturan mixer. dan yang diberi tanda panah adalah tempat dimana kamu mengatur posisi layar streaming.
Berikut adalah tampilan ketika ditonton menggunakan android :

Cara Mengatasi Live Streaming Ngelag di OBS

Permasalahan ini mungkin akan banyak ditemukan oleh sebagian orang yang mempunyai koneksi yang kurang memadai, tampilan live streaming yang patah-patah dan terasa tidak stabil tentunya akan mengganggu dan membuat para penonton kecewa.
Untuk mengatasi masalah tersebut cukup mudah kok, silahkan simak langkah-langkahnya dibawah ini :
  • Buka software OBS
  • Masuk ke File dan klik Setting
  • Masuk ke menu Video dan ikuti seperti gambar dibawah ini atau kalau tidak sama ubah saja setting resolusinya ke yang paling rendah.
  • Klik ok dan Selesai

Cara Live Streaming Youtube Dengan xSplit Broadcaster

xSplit Broadcaster merupakan software penunjang untuk melakukan streaming youtube selain dari software OBS, untuk interface sendiri mungkin bisa dibilang lebih kekinian xSplit daripada Obs, untuk segi fitur juga bagi youtube gaming lebih enakan menggunakan ini menurut saya, tidak ribet dan sangat mudah sekali untuk mengaturnya.
Serta Lebih banyak fitur yang mendukung untuk kebutuhan youtuber dan enaknya bisa lebih mudah menampilkan halaman Chat Live. 
Baiklah langsung saja kita coba dan silahkan ikuti langkah-langkah live stremaing dengan menggunakan software xSplit broadcaster dibawah ini :
  • Pertama kamu kunjungi situs xSplit dan download softwarenya kemudian install di komputer atau laptop kalian. Download disini (file download sekitar 110Mban lebih)
  • Setelah berhasil terinstal kemudian kalian buka software xsplitnya, ketika pertama kali dibuka maka akan tampil halaman login, silahkan kalian login atau mendaptar menggunakan email. Saran lebih baik kalian login menggunakan facebook atau twitter agar lebih cepat prosessnya.
  • Setelah proses login selesai kemudian pilih Im New User, kemudian Pilih Continue.
  • Setelah tampilan xSplit terbuka seperti gambar dibawah ini maka langsung kalian atur untuk tampilan yang akan ditayangkan pada channel live streaming kalian.
  • Silahkan kalian tambahkan Source dengan mengklik add seperti gambar yang ditandai No 1 diatas
    • Screen capture : untuk menambahkan mode perekam layar.
    • Game capture : Auto Detect akan menampilkan layar permainan game
    • Device : bisa digunakan untuk menampilkan webcam, atau mic eksternal
    • Text : menambahkan tulisan
    • Webpage untuk menampilkan halaman situs atau blog
    • Media file : untuk memasukan media tambahan seperti Mp3 atau film
    • Stream untuk bisa menampilkan kolaborasi dengan pengguna lain
    • Widget : tambahan – tambahan lain seperti jika kalian ingin menampilkan live chat youtube
  • Jika kalian ingin merekam game untuk disiarkan secara live maka sebelum memilih Game capture pastikan dahulu game yang mau direkam sudah terbuka dan berjalan.
  • Ada 2 point yang ditampilkan dari gambar diatas :
    • No 1 menunjukan media apa saja yang akan ditampilkan. Disini ada 2 media yang ditampilkan, webcam dari laptop dan game auto detect Minecraft
    • No 2 adalah cara untuk memperbesar dan memperkecil ukuran webcam, tinggal klik videonya dan bisa kamu atur sesuka hati ukurannya.
  • Setelah dirasa sudah cukup dan persiapan sudah beres sekarang kalian langsung masuk ke menu Outputs – Setup New Output – Youtube Live
  • Kamu bisa mulai dengan mengklik Authirized yang terlah diberi tanda panah pada gambar No 1, kemudia akan muncul form login, setelah itu silahkan login dengan menggunakan akun email channel kalian (lihat Gambar 1 dibawah)
  • Setelah sukses login kamu bisa isikan Judul Deskripsi Tags Kategori dan Privacy sebagai informasi tambahan video yang akan tayang secara live pada channel kalian (lihat Gambar 2 pada gambar diatas)
  • Setelah selesai lanjut klik OK dan sekarang saatnya memulai live streaming.
  • Masuk ke Menu Outputs dan Pilik pada Youtube Live ( Judul video Live Kalian) dan setelah itu kalian telah sukses live streaming, silahkan cek channel kalian di smartphone atau melalui browser.

Cara Menambahkan Live Chat

live chat merupakan salah satu fitur youtube saat kita melakukan live streaming, dengan live chat kita bisa langsung berkomunikasi dengan para penonton kita.
Caranyapun sangat mudah, xSplit sendiri menyediakan Add Source Live Chat yang bisa kita tambahkan secara gratis. Berikut ini caranya, silahkan simak langkah-langkahnya.
  • Masuk ke Menu Sources dan pilih Get more sources (lihat gambar dibawah)
Setelah itu lanjut dengan mengetikan LIVE CHAT pada kolom pencarian seperti yang dicontohkah dalam gambar dibawah ini, kemudian silahkan pilih Youtube Live Chat Viewer
  • Silahkan instal dan tunggu sampai dengan selesai.
  • Silahkan tutup dan kembali lagi ke tampilan streaming awal, klik Add dan pilih WIdget dan pilih Youtube Live Chat viewer seperti gambar dibawah, dan pastikan muncul seperti yang ditandai dengan tanda panah.
  • Klik kanan (1) layer live chat view dan klik (2) autorhize xsplit to use youtube live (lihat gambar dibawah) setelah itu login dan pilih judul live strreaming kalian.
Sampai disini kalian sudah bisa menambahkan live chat pada saluran live stremaing kalian. Berikut penampakan setelah live chat aktif dan di check langsung di browser.. Lancarr jayaaa bosss…

Kesimpulan

Dengan kalian mengikuti tutorial ini dan membaca dari awal sampe akhir maka kalian sekarang akan mengerti dan paham bagaimana cara melakukan live streaming via android ataupun lewat PC.
Yang perlu kalian perhatikan adalah pertama channel kalian harus terverifikasi dan juga fitur live streamingnya harus diaktifkan.
Yang terakhir jika setelah kalian ikuti tutorial tadi tapi video live kalian masih ngelag maka perhatikan juga spesifikasi komputer yang kalian gunakan, selain harus mempunyai kecepatan internet yang tinggi, spesifikasi komputer yang tinggi juga sangat diperlukan karena untuk merekam sekaligus streaming video itu membutuhkan hardware yang cukup tinggi, termasuk ram yang akan lebih baik bisa diatas 4GB.
Untuk yang live lewat komputer, silahkan kalian bisa coba kedua software diatas. Saran saya untuk keperluan gaming lebih baik menggunakan xSplit. selama saya coba tadi penggunaan xsplit sangat jauh dari video live yang patah-patah. tapi boleh kalian coba sendiri , dan mungkin saja di kmputer kalian lebih cocok dengan OBS

Sumber :https://www.ngevlog.net/cara-live-streaming-di-youtube/